Menurut Anwar (Aisyah, 2006:14) secara
harfiah investigasi diartikan sebagai penyelidikan dengan mencatat atau merekam
fakta-fakta, raelakukan peninjauan dengan tujuan memperoleh jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan tentang suatu peristiwa atau sifat. Selanjutnya Krismanto
(2003:7) mendefinisikan investigasi atau penyelidikan sebagai kegiatan
pembelajaran yang memberikan kemungkinan siswa untuk mengembangkan pernahaman
siswa melalui berbagai kegiatan dan hasil yang benar sesuai pengembangan yang
dilalui siswa.
Height (Krismanto, 2003:7) menyatakan to
investigation berkaitan dengan kegiatan mengobservasi secara rinci dan
menilai secara sistematis. Jadi investigasi adalah proses penyelidikan yang
dilakukan seseorang, dan selanjutnya orang tersebut mengkomunikasikan hasil
perolehannya, dapat membandingkannya dengan perolehan orang lain, karena dalam
suatu investigasi dapat diperoleh satu atau lebih hasil. Dengan demikian akan
dapat dibiasakan untuk lebih mengembangkan rasa ingin tahu. Hal ini akan
membuat siswa untuk lebih aktif berpikir dan mencetuskan ide-ide atau gagasan,
serta dapat menarik kesimpulan berdasarkan hasil diskusinya di kelas.
Model investigasi kelompok merupakan
model pembelajaran yang melatih para siswa berpartisipasi dalam pengembangan
sistem sosial dan melalui pengalaman, secara bertahap belajar bagaimana
menerapkan metode ilmiah untuk meningkatkan kualitas masyarakat. model ini
merupakan bentuk pembelajaran yang mengkombinasikan dinamika proses demokrasi
dengan proses inquiry akademik, melalui negosiasi siswa-siswa belajar
pengetahuan akademik dan mereka terlibat dalam pemecahan masalah sosial. dengan
demikian kelas harus menjadi sebuah miniatur demokrasi yang menghadapi
masalah-masalah dan melalui pemecahan masalah, memperoleh pengetahuan dan
menjadi sebuah kelompok sosial yang lebih efektif.
Posting Komentar