RSS

Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Group Investigation


              Model Pembelajaran Group Investigation yang digunakan dalam pembelajaran menulis surat dinas memiliki beberapa kelebihan.
Setiawan (2006:9) mendeskxipsikan beberapa kelebihan dari pembelajaran GI, yaitu sebagai berikut:
1)     Secara Pribadi
b)     dalam proses belajarnya dapat bekerja secara bebas b)memberi semangat untuk berinisiatif, kreatif, dan aktif c)rasa percaya diri dapat lebih meningkat d)dapat belajar untuk memecahkan, menangani suatu masalah e)mengembangkan antusiasme dan rasa pada fisika
2)     Secara Sosial a)meningkatkan belajar bekerja sama
b)     belajar berkomunikasi baik dengan teman sendiri maupun guru
c)      belajar berkomunikasi yang baik secara sistematis
d)     belajar menghargai pendapat orang lain
e)     meningkatkan partisipasi dalam membuat suatu keputusan
3)     Secara Akademis
a)     siswa terlatih untuk mempertanggungjawabkan jawaban yang diberikan
b)     bekerja secara sistematis
c)      mengembangkan dan melatih keterampilan fisika dalam berbagai bidang
d)     merencanakan dan mengorganisasikan pekerjaannya
e)     mengecek kebenaran jawaban yang mereka buat
f)        Selalu berfikir tentang cara atau strategi yang digunakan sehingga didapat suatu kesimpulan yang berlaku umum.

Model Pembelajaran Group Investigation selain memiliki kelebihan juga terdapat beberapa kekurangannya, yaitu:
a)     Sedikitnya materi yang tersampaikan pada satu kali pertemuan
b)     Sulitnya memberikan penilaian secara personal
c)      Tidak semua topik cocok dengan model pembelajaran GI, model pembelajaran GI cocok untuk diterapkan pada suatu topik yang menuntut siswa untuk memahami suatu bahasan dari pengalaman yang dialami sendiri
d)     Diskusi kelompok biasanya berjalan kurang efektif
e)     Siswa yang tidak tuntas memahami materi prasyarat akan mengalami kesulitan saat menggunakan model ini (Setiawan, 2006:9).
Berdasarkan pemaparan mengenai model pembelajaran GI tersebut, jelas bahwa model pembelajaran GI mendorong siswa untuk belajar lebih aktif dan lebih bermakna. Artinya siswa dituntut selalu berfikir tentang suatu persoalan dan mereka mencari sendiri secara penyelesaiannya. Dengan demikian mereka akan lebih terlatih untuk selalu menggunakan keterampilan pengetahuannya, sehingga pengetahuan dan pengalaman belajar mereka akan tertanam untuk jangka waktu yang cukup lama (Setiawan, 2006:9).


2 Responses to "Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Group Investigation"
ABU ZAHWAN PAPUA mengatakan...

izin copy


3 September 2018 pukul 15.23
Unknown mengatakan...

Boleh minta buku referensi dari blognya ini?


10 Juli 2019 pukul 07.14

Posting Komentar

 

Random Posts

Recent Comments

About Template

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors