Sharen et al (Krismanto, 2003:8)
mendisain model pembelajaran GI menjadi enam tahapan, yaitu:
a)
Tahap mengidentifikasi
topik dan pengelompokkan
Para siswa memilih berbagai sub topik
dalam suatu wilayah masalah umum yang biasanya digambarkan lebih dahulu oleh
guru. Para siswa selanjutnya diorganisasikan menjadi kelompok-kelompok yang
berorientasi pada togas (task oriented groups) yang beranggotakan 2
hingga 6 orang. Komposisi kelompok pada pembelajaran ini heterogen baik dalam
jenis kelamin, etnik, maupun kemampuan akademik.
b)
Tahap merencanakan
penyelidikan kelompok
Para siswa beserta guru merencanakan
berbagai prosedur belajar khusus, tugas dan tujuan umum yang konsisten dengan
topik dan subtopik yang telah dipilih dari langkah a. di atas.
c)
Tahap melaksanakan
penyelidikan
Para siswa melaksanakan rencana yang
telah dirumuskan pada langkah b. Pembelajaran harus melibatkan berbagai
aktivitas dan keterampilan dengan variasi yang luas dan mendorong para siswa
untuk menggunakan berbagai sumber, baik yang terdapat di dalam maupun di luar
sekolah. Guru secara terus-menerus mengikuti kemajuan tiap kelompok dan
memberikan bantuan jika diperlukan.
d)
Tahap menyiapkan
laporan akhir
Para siswa menganalisis dan mengsintesis
berbagai informasi yang diperoleh pada langkah c. dan merencanakan agar dapat
diringkaskan dalam suatu penyajian yang menarik di depan kelas.
e)
Tahap menyajikan
laporan
Semua kelompok menyajikan suatu
presentasi yang menarik dari berbagai topik yang telah dipelajari agar siswa
dalam kelas saling terlibat dan mencapai suatu perspektif yang luas mengenai
topik tersebut.
f)
Tahap evaluasi
Guru beserta siswa
melakukan evaluasi mengenai kontribusi tiap kelompok terhadap pekerjaan kelas
sebagai suatu keseluruhan. Evaluasi dapat mencakup tiap siswa secara individu
atau kelompok dan bahkan kedua-duanya.
Posting Komentar